POLSEK ARJASA BERSAMA BKSDA JEMBER AMANKAN SATWA ILEGAL DARI RUMAH WARGA

Jember- Polsek Arjasa Polres Jember bersama tim Polhut BKSDA wilayah III Jember berhasil mengamankan 1 ekor satwa yang dilindungi dari tangan seorang warga bernama Richo Maretah di dsn Bataan RT.004 RW.002 desa Candijati Kec. Arjasa Jember pada hari Kamis (11/10/2018).

Satwa langka dilindungi yang berhasil diamankan tersebut berjenis Lutung Jawa atau yang terkenal dengan bahasa latinnya Trachypithecus Auratus yang sengaja dipelihara sejak kecil oleh pemiliknya (Richo Maretah)

Saat ditanya oleh petugas dari mana mendapatkannya Lutung Jawa tersebut, dijawabnya bahwa lutung Jawa tersebut didapatkan dari hasil membeli di daerah Banyuwangi dan dipelihara sejak masih kecil hingga sekarang sudah berumur 6 tahun lebih.

lebih jauh dijelaskan oleh Budi Harsono sebagai KA. Resort Polhut Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah III Jember dengan didampingi oleh Kapolsek Arjasa AKP Eko Basuki TA, S.H. “bahwa Terungkapnya kepemilikan satwa ilegal tersebut bermula dari personil Polsek Arjasa saat sedang melaksanakan patroli melihat/menemukan satwa Lutung Jawa yang dipelihara di depan rumah salah satu warga dan petugas paham bahwa itu salah satu satwa yang dilindungi , sehingga pada hari ini ditindaklanjuti mengamankan kan satwa ilegal tersebut untuk dikembalikan ke habitat aslinya” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Kapolsek Arjasa AKP Eko Basuki TA, S.H. “kita serahkan hewan langkah ini kepada BKSDA untuk dikembalikan ke habitat aslinya dan dalam kesempatan ini dihimbau bagi masyarakat yang tidak tahu kepemilikan satwa yang dilindungi tanpa izin, akan dipidana dengan UU Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya sebagaimana dimaksud pasal 40 ayat (2) juncto pasal 21 ayat (2) huruf a UU nomor 5 tahun 1990 dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun dan denda Rp. 100 juta tambahnya. (M.roby)

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *