PEMDA KONSEL GELAR SOSIALISASI PENDIDIKAN POLITIK

PEMDA KONSEL GELAR SOSIALISASI PENDIDIKAN POLITIK

Laporan : Edison

Ka. Biro

KONSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) gelar Sosialisasi Pendidikan Politik untuk masyarakat umum dan pemilih pemula sesuai Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang di buka oleh Wakil Bupati Dr. H. Arsalim Arifin, SE.,M.Si di dampingi Kepala Kesbangpol Drs. Arman Aras, M.MHub dengan pemateri Ketua KPU Konsel Herman, S.Sos yang di ikuti para Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, Karang Taruna dan pelajar SMA/SMK se-Konsel bertempat di Hotel Srikandi Kendari, Senin (14/5/2018).

Dalam sambutannya, Wabup Konsel H. Arsalim Arifin mengatakan Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis, dimana pemerintahan yang dihasilkan dari Pemilu diharapkan menjadi pemerintahan yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah, oleh karena itu diperlukan upaya dari seluruh komponen bangsa untuk menjaga kualitas pemilu tersebut dengan bantuan dan difasilitasi oleh Pemda sesuai amanah UU No 7 Tahun 2017 pasal 434 yang wajib menyelenggarakan pemilu dengan baik dan sukses. “Termasuk kegiatan sosialisasi ini yang memiliki nilai strategis dan penting untuk mewujudkan pemerintahan berkualitas tersebut, juga mengingat sudah dekatnya Pemilukada Gubernur dan Wagub tahun 2018 dan pemilu serentak tahun 2019 yang berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia serta jujir dan adil,” ucapnya.

Salah satu bagian terpenting dalam suatu proses pemilu, tambah Arsalim, adalah peran dan partisipasi masyarakat, serta pertimbangan rasional dengan menjadi pemilih cerdas yang perlu terus menerus disosialisasikan karena fakta yang ada saat ini menunjukkan telah terjadi fenomena tingkat fluktuasi partisipasi politik masyarakat, oleh karenanya melalui sosialisasi ini akan memberikan kontribusi positif dalam penguatan partisipasi bagi pemilih pemula dan masyarakat dalam pemilu, sehingga nantinya di harapkan dapat terpilih pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang mempunyai integritas dan kualitas yang tinggi.

“Kita harapkan juga dengan adanya kegiatan ini, para peserta pulang kerumah dan menjadi duta pemilu yang dapat memberikan pemahaman kepada keluarga dan tetangganya akan pentingnya menggunakan hak pilihnya yang menghasilkan kesadaran kolektif masyarakat, sehingga  target partisipasi pemilih wilayah kita dapat ditingkatkan lebih tinggi dari 80% rata2 saat ini, dan kedepan sosialisasi seperti ini yang diadakan di Hotel kita rubah sistemnya, yakni di adakan perkecamatan dengan mengundang seluruh lapisan masyarakat agar benar-benar merata informasi dan pengetahuan terkait pemilu sehinga tercipta pemilih cerdas yang tidak memilih karena segi materi calon pemimpin tersebut tapi benar-benar karena di lihat dari segi kualitas, kapabilitas dan integritasnya,” pungkasnya.

Sedangkan, Kepala Kesbangpol Arman Aras dalam paparannya bahwa peranan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pemilu adalah menyediakan dana untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggara pemilu yang didalamnya mencakup penugasan personil pada sekretariat ppk, pps, panwaslu kecamatan, penyediaan sarana ruangan sekretariat ppk, pps dan panwaslu, kelancaran transportasi pengiriman logistik, pemantauan kelancaran penyelenggaraan pemilu, dan kegiatan lain yang sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan pemilu.

“Termasuk yang kita laksanakan hari ini, pelaksanaan pendidikan politik dan sosialisasi terhadap aturan perundang-perundangan bagi pemilih untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan pemilu, yang dibawah tanggung jawab langsung dan dipantau oleh Kesbangpol daerah bersama unsur Forkopimda,” jelas Arman, Pungkasnya.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *