Rakor 2021,SPRI Sorot Transparansi Keuangan APBD Lampura

Lampung Utara – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Pers Republik Indonesia Kabupaten Lampung Utara melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) perdana di Tahun 2021, Sabtu (16/01).

Rakor Pengurus SPRI Lampura di pusatkan di kediaman Ketua DPC SPRI,Jauhari Saleh,SE terletak di Kelurahan Tanjung Aman mengambil tema “Maksimalisasi Tupoksi Jurnalis Untuk Transparansi Pembangunan”.

Dalam Rakor tersebut, Ketua DPC SPRI Lampura Jauhari Saleh, S.E menegaskan bahwa fungsi Pers sebagai kontrol sosial harus dimaksimalkan, karena tujuan pembangunan dapat terlaksana dengan baik bila fungsi pengawasan maksimal.

Bang Jau juga mengharapkan seluruh wartawan yang tergabung di SPRI harus menjadi bagian dari pembangunan Kabupaten Lampung Utara, melalui sajian informasi yang akurat dan sebagai kontrol sosial ditengah masyarakat.

“Saya tekankan kepada seluruh wartawan yang tergabung dalam DPC SPRI Lampura, dapat hadir bersama masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap pembangunan di Kabupaten Lampura tercinta,”Ujar salah satu pecinta tanaman bonsai itu.

Selain membahas permasalahan internal, Ketua DPC SPRI menyoroti tentang transparansi Keuangan APBD Kabupaten Lampung Utara yang dianggap masih sulit untuk dapat di konsumsi oleh publik termasuk pengelolaan nya.

“Permasalahannya setiap media yang tergabung di SPRI sebagai mitra pemerintah harus mampu menyajikan informasi tentang anggaran keuangan di Lampura,”ungkap Jauhari.

Selanjutnya Jauhari mengungkapkan perihal anggaran Penanganan Covid 19 yang besaran mencapai 44 Milyar lebih, yang menurut Jauhari pengelolaannya terkesan tidak transparan.

Dengan mengutip pernyataan Menteri Keuangan Republik Indonesia, bukankah
kepercayaan publik sangat penting dalam situasi saat ini. Hal ini agar negara mendapatkan dukungan dan kerjasama dari masyarakat, karena penanganan Covid-19 erat hubungannya dengan dukungan dari masyarakat itu sendiri.

“Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan dana yang digunakan untuk penanganan pandemi covid-19 yang dibuka secara transparan,” tegas salah satu dewan direksi media Lampungone tersebut.

“Bicara keuangan harus jelas, jumlah yang digunakan, untuk siapa, untuk apa dan berapa harga nya, kalau memang ini sulit diketahui maka saya rekomendasikan seluruh anggota saya menggali seluruh informasi ini,”pungkasnya.

Hadir dalam Rakor selain Ketua, hadir juga Sekretaris, Wakil Ketua, Bendahara dan kepala Bidang beserta seluruh anggota DPC SPRI Lampung Utara.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: