Tim Kesehatan Desa Kembang Gading Gencar Sosialisasikan Covid-19 Di Sekolah Terkait KBM Tatap Muka Awal Januari 2021

Terkait rencana Pemerintah tentang Kegiatan Belajar Mengajar secara tatap muka pada awal januari 2021 mendatang Tim Kesehatan Pustu Desa Kembang Gading Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara gencar melakukan Penyuluhan untuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran Covid-19 setelah sebelumnya kegiatan yang sama di laksanakan di SMP 3 Abung Selatan kali ini di Sekolah Dasar Negri yang berada di lingkup kerja tenaga kesehatan desa setempat.

Sebelum masuk keruang pertemuan para wali murid diajarkan cara serta melaksanakan 6 langkah praktek cuci tangan yang benar selama 20 detik lantas melakukan pemeriksaan suhu tubuh juga pembagian masker kepada wali murid , kamis,(3/12/2021).

Dengan dihadiri Kepala Desa sekaligus ketua Gugus Tugas Desa, Kembang Gading,Haidir, Kepala Pustu Desa Kembang Gading,Bidan Tusi Anggraini Amd,Keb didampingi Bidan Desa Saimah,Amd,Keb, Kepala Sekolah Ramidi,S,Pd, Ketua Komite Cik Umar, Para Guru dan Para Wali Murid.

Mengawali acara Kepsek Ramidi melaporkan tentang kesiapan pihak sekolah untuk melaksanakan rencana pemerintah terkait proses KBM secara tatap muka serta telah pula menyiapkan semua persyaratan Protokol Kesehatan.

“Kami pihak sekolah nantinya juga akan membagikan masker kepada murid ketika memulai kegiatan belajar mengajar pada awal januari 2021 mendatang,” terangnya.

Selaku Kepala Desa, Haidir menyampaikan ucapan terimakasih juga sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan dan memberi aplus kepada para guru Sekolah Dasar Negri Kembang Gading karena telah banyak mencetak siswa siswi yang sukses dan membanggakan.

Ditempat yang sama Ketua Komite Cik Umar juga menyambut baik rencana pemerintah soal akan dilaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka tersebut.
“Terima kasih pada pihak sekolah dan pihak dari tenaga kesehatan atas diadakannya penyuluhan covid19 karena penyuluhan seperti ini sangat penting sekali untuk mengedukasi masyarakat dan siswa sekolah agar menjadi semakin paham tujuan untuk mengikuti aturan Protokol Kesehatan,”kata Cik Umar.

Selanjutnya selaku nara sumber Bidan Tusi Anggraini.Amd,Keb menerangkan pengertian tentang covid-19 penyebaran pencegahan serta gejala-gejala covid-19 dan pentingnya menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari virus corona juga mengungkapkan data kasus yang terkomfirmasi positif covid-19 yang ada di Indonesia dan yang ada di Lampung utara serta jumlah pasien covid yang meninggal dunia akibat serangan wabah covid-19.

Bidan Tusi juga memberikan masukan pada masyarakat agar jangan terlalu panik atau takut sebab hal itu menurunkan kekebalan tubuh namun jangan pula menyepelekan karena faktanya data yang terkena covid menunjukankan angka yang drastis itu artinya wabah virus corona sangat cepat penyebarannya,”paparnya. Diterangkannya,cara pencegahan covid-19 harus menjalankan 10 indikator PHBS rumah tangga 

PHBS di Rumah Tangga dilakukan untuk mencapai Rumah Tangga Sehat. Rumah Tangga Sehat adalah rumah tangga yang melakukan 10 PHBS di Rumah Tangga yaitu :

  1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
  2. Memberi bayi ASI eksklusif
  3. Menimbang bayi dan balita
  4. Menggunakan air bersih.
  5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
  6. Menggunakan jamban sehat
  7. Memberantas jentik di rumah
  8. Makan buah dan sayur setiap hari
  9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari
  10. Tidak merokok di dalam rumah

PHBS rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan rumah tangga agar menjadi tau mau serta mampu menjalankan prilaku hidup bersih dan sehat juga berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.Yang diantaranya adalah memberikan Asi Esklusif sangat penting selama 6 bulan sejak bayi dilahirkan karena colostrum yang diberikan oleh seorang ibu yang sehat kepada bayi maka akan menimbulkan kekebalan atau imun alami yang tidak dapat di produksi oleh susu buatan pabrik,maka inshaallah virus tidak akan mampu memasuki tubuh seseorang yang sudah mempunyai imunitas alami dari Allah hal ini sangat penting dibutuhkan dimasa pandemi covid19,”terang Kepala Pustu Kembang Gading itu.

“Gak kalah penting yaitu melaksanakan Prinsip 3M adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak,”tambahnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: